Wednesday, 2 March 2016

Proses Pengolahan Susu Kambing Etawa Cair Menjadi Bubuk

 Susu Kambing Etawa Super E
Prinsip pembuatan dan pengolahan susu kambing etawa bubuk adalah menguapkan sebanyak mungkin kandungan air susu dengan cara pemanasan (pengeringan). Tahap-tahap pembuatan susu bubuk adalah perlakuan pendahuluan, pemanasan pendahuluan, pengeringan dan pengepakan.
Pada perlakuan pendahuluan yang harus dikerjakan adalah penyaringan, separasi dan standarisasi. Penyaringan bertujuan memisahkan benda-benda asing misalnya debu, pasir, bulu, dan sebagainya yang terdapat dalam susu. Separasi bertujuan untuk memisahkan krim dan susu skim. Terutama dikerjakan apabila ingin dibuat bubuk krim atau bubuk skim.
Tujuan pemanasan pendahuluan adalah menguapkan sebagian air yang terkandung oleh susu, sampai mencapai kadar kurang lebih 45-50% saja. Alat yang digunakan untuk pemanasan pendahuluan adalah evaporator. Untuk memanaskan digunakan udara yang bersuhu antara 65-177oC tergantung jenis produk yang dibuat.
Standarisasi adalah membuat susu menjadi sama komposisinya. Hasil susu dari peternak yang berbeda komposisinya dicampur sampai homogen yaitu dengan cara mengaduk ataupun dengan menuang susu dari wadah yang satu ke wadah yang lainnya.

Proses Pasteurisasi dapat dilakukan dengan memanaskan air susu kambing ETAWA pada suhu + 65 C selama 15 menit, dengan tujuan membunuh bakteri perusak. Selanjutnya air Susu Kambing Etawa didinginkan secepatnya, dengan maksud menghambat pertumbuhan bakteri. Melalui pasteurisasi air susu kambing dapat disimpan selama 5 – 7 hari dengan kualitas tetap baik, Susu Kambing Etawa bubuk dapat dibuat dengan cara industri rumah tangga, yaitu memanaskan air susu kambing ditambah gula pasir 25-50% dari berat air susu. Pengadukan dilakukan selama pemanasan hingga mengental dan membentuk butiran kristal. Setelah diblender butiran tersebut akan menjadi Susu Kambing Etawa bubuk. Bahan pembuat aroma dan rasa dapat ditambah pada proses pembuatan Susu Kambing Etawa bubuk antara seperti jahe, madu, telur, kopi, gingseng, strobery dan coklat. Susu Kambing Etawa bubuk yang dihasilkan dapat disimpan selama 3 - 4 bulan lebih tanpa kerusakan.

Related Posts

Proses Pengolahan Susu Kambing Etawa Cair Menjadi Bubuk
4/ 5
Oleh